
Tim Penulis
Deni Hadiansah, Enang Ahmadi, Yayu Nurhayati Rahayu, Rahman Tanjung,Ade Dasmana,Nunung Kurniasih, Arman Maulana, Siti Rosmayati, Asep Azis Nasser, Eko Firmansyah, Erwin Firdaus, Arin Tentrem Mawati, Dedi Mulyadi, Deswita, Desi Siti Aisyah, Hamrin, Marsanto, Ulfah, Yayan Sofyan, Opan Arifudin, Rosyadi, Wika Karina Damayanti, Odik Sodikin, Boy Arief Rachman
ISBN: 978-623-93808-1-6
Cetakan 1, Februari 2021
Sejauh pembacaan kami, sepilihan tulisan dalam buku ini pada dasarnya menangkap kegelisahan sebagaimana tema diskusi kita tentang dunia pendidikan setakat ini. Kegelisahan bagaimana agar sekolah bisa menyenangkan, belajar bisa bermutu, dan mengelola kegiatan di dalamnya secara terpadu. Isi tulisan mengupas bagaimana tata kelola pendidikan mulai jenjang dasar, menengah, sampai perguruan tinggi memakai pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Alhasil, keseluruhan tema isinya terasa sama: Bagaimana agar kelembagaan pendidikan bisa dikelola dengan baik dan menjadi wadah yang menyenangkan demi menghasilkan pembelajaran berkualitas. Kami mengapresiasi sangat tinggi kehadiran rampai tulisan yang kini menjadi buku ini. Penegasan-penegasan gagasan di dalamnya dapat ditangkap, baik secara vulgar maupun samar-samar, bahwa penyumbang tulisan secara umum sedang dihinggapi gejala kegelisahan sama: Bagaimana “masa depan pendidikan” dan akan seperti apa “pendidikan masa depan”?
BAGIAN I Teroka Sepintas Pendekatan Balanced ScoreCard (BSC) pada Bidang Pendidikan
1. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam Mewujudkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) Melalui Peta Strategi Balanced Scorecard (BSC)
2. Implementasi SWOT Balance Scorecard pada Dunia Pendidikan
3. Implementasi Konsep BSC dalam Mewujudkan Organisasi Pembelajar Berbasis Manajemen Pengetahuan
BAGIAN II Tinjauan Pendekatan Balanced ScoreCard (BSC) pada Bidang Pendidikan Jenjang Dasar dan Menengah
1. Implementasi Balanced Scorecard sebagai Alat Ukur Kinerja pada Sekolah Dasar (SD)
2. Implementasi Manajemen Strategik dalam Mewujudkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Bermutu Berbasis Penerapan Strategic-Map BSC
3. Penerapan Konsep Balance Scorecard dalam Mewujudkan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berdaya Saing Tinggi
BAGIAN III Tinjauan Pendekatan Balanced ScoreCard (BSC) pada Bidang Pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi
1. Prinsip Penerapan Perspektif Pelanggan pada Organisasi Pendidikan Tinggi (PT)
2. Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi (PT) World Class
3. Perancangan Ukuran Kinerja Pelaksanaan Strategi Berdasarkan Model Balanced Scorecard pada Perguruan Tinggi (PT)